RASANYA KULIAH

By Sheren - Wednesday, October 04, 2017

"Wah, ndak terasa udah dua anak mama yang kuliah."

Itulah kalimat yang sering Mama saya lontarkan sambil tersenyum lebar beberapa waktu terakhir kalo saya bilang saya mau pergi urusan kuliah. Iya, rasanya memori masa SMP masih melekat jelas di otak, tetapi tau-tau saja sudah kuliah. 

Kuliah adalah momen yang sudah lama sekali saya tunggu. Perasaan takut dan was-was tetap ada, tetapi ada gairah yang besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Karena sewaktu SMA guru Ekonomi saya, Pak Sukran, itu hebat sekali, saya jadi lebih mudah belajar dalam akuntansi dan tertarik untuk mengambil jurusan itu. Sepertinya bakal cocok, apalagi setelah saya melakukan 'tes kepribadian' dari Youth Manual. Akhirnya saya memutuskan buat masuk Jurusan Akuntansi tsb di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNTAN. 

Di hari pertama matrikulasi saja (Pengenalan materi-materi, kayak Pengantar Akuntansi, Pengantar Ekonomi, dsb dsb.) Saya sudah kagum. Dosen-dosen memang hebat sekali. Mereka tahu, men. Mereka enggak cuma duduk dan menampilkan PowerPoint. Jujur saya, ketika matrikulasi, saya jadi membayangkan bagaimana dosen-dosen yang ada di negara maju sana, sudah pasti luar biasa._. 

Kemudian ada kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru. Beberapa di antara kalian mungkin mengenalnya dengan istilah 'ospek' . Nah, ospek fakultas saya, bener-bener di luar dugaan. Eh, enggak sih, sebenarnya dari SMA saya sudah dengar desas-desus tentang PMB FEB. Intinya beda saja. Kami ikut seminar-seminar di tempat nyaman yang terlindung dari panas dan hujan, bahkan cenderung mewah. Lalu ada outbond. Tidak ada perpeloncoan sama sekali. How lucky! Mendidik karakter emang ga harus selalu dengan perpeloncoan, masih banyak alternatif lain yang jauh lebih menyenangkan.

Dan akhirnya, perkuliahan dimulai.

Sudah beberapa minggu saya kuliah, dan perbedaan kuliah dengan sekolah emang kentara banget. 

Berbeda dengan pas sekolah, di kuliah ini, jam mata kuliah kita loncat-loncat. Nah, istilah simpelnya gitu deh. misalnya jam 8-10, kemudian lanjut jam 1 nanti. Bisa juga sekalian, tapi tetap aja, jam masuk kelasnya lebih singkat dibandingkan waktu kuliah. Belum lagi dosen yang kadang-kadang (alhamdulillah) menyelesaikan jam mengajarnya lebih awal. Kami jadi pulang awal deh.


Tapi, tetap aja ada tapinya.

Pertama, perjalanan dari rumahku ke kampus kira-kira 20 menit. Beda dengan ke sekolah dulu yang 5 menit nyampe. Belum lagi sekarang ini, karena lewat jalan protokol, jadi pas jam 07.00 itu macet sekali bisa sampe 30 menit, sedangkan masuk jam 07.30 . Mau tak mau aku berangkat lebih awal kalo gamau kena macet :) Padahal pas sekolah dulu, seringnya aku baru pergi pukul 6.50 . 

Lalu tugas yang bener-bener menumpuk. Jam kuliah di kampus emang bentar, tapi anehnya saya jadi lebih sering begadang sekarang buat nyelesain tugas.

Kenapa?

Tentu saja karena...ekhem.. yah, saya sudah berkomitmen untuk bersikap agak beda pas kuliah. Dulu waktu SMA, meskipun ikut organisasi, tapi saya sebisa mungkin mendem di rumah. Jadilah...menyedihkan haha>,< . Sekarang kayaknya kami jalan terus pas kuliah ini._. Aku benar-benar harus mengatur lagi jadwalku. Dan di sisi lain juga, setiap Sabtu (biasanya full Pagi-sore) kami mahasiswa baru ada pembinaan. Jadi gitu deh.

Intinya, kuliahku yang baru beberapa minggu ini sibuk, capek, tapi asyik. Kuliah selalu asyik selama kalian punya temen :) . 


Sekian, maafkan kegajean saya :') . Saya nulis cuma agar blog ini ada postingan baru. 





  • Share:

You Might Also Like

0 comments