Membuka masa lalu untuk masa depan

By Sheren - Thursday, December 28, 2017

Hanya dua alasan yang membuat seseorang memutuskan pergi sejauh mungkin. Satu karena kebencian yang amat besar, satu lagi karena rasa cinta yang amat dalam.
(Tere Liye – novel "Rindu": hal. 33)

Malam ini, entah ada angin apa, saya iseng buka fanpage Tere Liye, sudah lama sekali sejak terakhir kali. Dan semakin ke bawah saya membacanya, saya semakin tertegun.

Saya sudah lupa kalau tulisan Tere Liye itu nyaris selalu menusuk. Tulisan yang dulu dengan kejam 'membantu' saya untuk memperbaiki diri, tulisan yang membuat saya selalu ingat untuk menghilangkan sisi buruk saya. 

Yup, saya udah lumayan lama menjadi penggemar Pak Darwis aka Tere Liye. Jaman baru masuk SMP, jaman di mana Pak Darwis belum setenar sekarang, jaman di mana masih ada kursi di Tb. Gram*dia untuk kita duduki sambil baca bukunya, haha. Jaman di mana saya sibuk merekomendasikan buku-buku Tere Liye ke teman-teman. Sibuk nge-share tulisan-tulisan dia di status FB sebagai pengingat diri ataupun untuk mengingatkan yang lain. Jaman di mana orang-orang yang nonton film Hafalan Shalat Delisa itu masih mengira kalo itu kisah nyata.

Pokoknya hari-hari itu saya serasa kayak sufi #apaansih, mudah sekali untuk bahagia, mudah sekali untuk bersikap bijak, mudah sekali untuk membentengi diri dari perasaan yang tidak-tidak.

Tapi, bertahun-tahun berlalu. Saya jadi jarang buka fanpage nya, bahkan untuk sekedar mengisi waktu--tergantikan sama webtoon. Padahal dulu niat banget ngidupin komputer jadul cuma buat buka fanpage Pak Darwis. Sekarang ada smartphone, malah app FB pun ga ada ahaha. Saya juga mulai jarang beli bukunya, bahkan buku-bukunya yang terakhir-- Hujan, Tentang Kita, Bintang, dan apalagi entahlah, belum terbeli juga. Tapi saya juga menolak baca meskipun teman-teman udah bersedia meminjamkan. Entahlah kapan saya akan beli lagi buku-buku beliau. Akhir-akhir ini, semenjak ketemu teman kuliah, saya jadi hedon banget, sering ngumpul di cafe, sekedar buat minum, makan, padahal papa saya udah belikan makanan di rumah ahaha. Bukan berarti salah pergaulan wkwk, mungkin saya yang tidak menyesuaikan diri saja dengan keuangan saya. Jarak kampus sama rumah juga jauh banget, kalau 40km/jam, kira-kira 20 menit baru nyampe. Ngabisin bensin, apalagi sering bolak-balik. 

Saya kangen membaca kembali buku-buku Pak Darwis :) semoga suatu hari nanti....

Apalagi waktu itu, saya ada baca tentang Tere Liye yang mau berhenti nerbitkan buku gara-gara pajak, dan saya belum beli semua bukunya. Itu menyakitkan banget :') terakhir denger protes beliau udah ditanggapi Bu Sri Mulyani ya? Sampe situ saja sih yang saya dengar. Tidak tahu lagi apakah akhirnya Pak Darwis bakal tetap nerbitkan buku atau tidak.

Btw, iya, malam ini saya menghabiskan beberapa menit buat baca isi fp beliau. Dan beneran dah. Saya ter-tusuk. Ahaha. Saya sudah lupa semua tulisan bijak beliau. Dan pas dibaca lagi.....serasa di sindir. Saya udah enggak sebaik dulu. Dulu kejujuran adalah hal utama bagi saya, sekarang saya sendiri yang dengan senang hati berbagi jawaban ke temen kuliah. Dulu kerja keras itu wajib bagi saya, tetapi sejak kuliah sumpah mati saya jadi pemalas banget. Bahkan tugas-tugas dikerjakan seadanya, malas belajar, juga kadang--sama aja dah--ngejiplak tugas temen. Akibatnya? Nilai saya rendah. Even sometimes lebih tinggi nilai temen-temen yang saya contekin ahahaha. Padahal ini jurusan yang saya pilih pake hati, dan saya emang bener-bener senang sama mata kuliah Akuntansi (aja) . Mungkin saya terpengaruh, melihat santainya temen-temen, jadi ikut nyantai. Padahal saya tipe yang langsung bodoh kalo nyantai wkwk. 


Astaga saya enggak sanggup membicarakannya.

Mungkin liburan kali ini bisa saya pakai untuk intropeksi diri. Semoga besok  lusa saya sudah menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments