Review Film : Stand By Me Doraemon

By Sheren - Sunday, December 21, 2014



Judul Film : Stand By Me
Rilis : 8 Agustus 2014 (Jepang)

Sinopsis :

Film ini dimulai dengan kedatangan Doraemon dan buyut Nobita, Sewashi, yang berasal dari abad 22, demi mengubah masa depan Nobita yang dipenuhi dengan masalah, salah satunya adalah pernikahan Nobita dengan Jaiko (adik Gian). Untuk itu, Sewashi memaksa Doraemon untuk membantu Nobita,  dengan menyetel alat yang mencegah Doraemon kembali ke abad 22, sebelum memenuhi persyaratannya, yaitu membuat Nobita bahagia. Akan tetapi, pada saat Nobita telah menjadi bahagia, apabila Doraemon ingin tinggal di jaman itu, dia tetap akan dipaksa untuk kembali ke masa depan.
Doraemon akhirnya tinggal di rumah Nobita, dan mulai membantu Nobita dengan berbagai macam alat-alat dari kantong ajaibnya, sampai akhirnya Nobita merasa bahagia. Tetapi, setelah Nobita bahagia, apakah Doraemon, yang telah menemani Nobita setiap harinya, bisa meninggalkan Nobita?



Review : 

Film ini dibuat untuk memperingati 80 tahunnya Fujiko F. Fujio, sosok yang membuat tokoh doraemon selama ini. Nah, film ini dibuat dalam bentuk 3D . 

Mari kita membahas kelebihan kekurangan film ini satu persatu.
Pertama dari isi ceritanya. Well, sebenarnya sih, film ini lebih tepatnya merupakan rangkuman cerita kehidupan Nobita sejak datangnya Doraemon sampe pada akhirnya Nobita bisa hidup bahagia. Banyak potongan-potongan cerita Doraemon yang biasa kita tonton di televisi dimasukkan kembali ke sini, sebagai gambaran bagaimana Doraemon selalu membantu Nobita. Melihat potongan lama cerita Nobita-Doraemon ini bukannya membuat kita bosan, malah membuat kita bernostalgia pada masa-masa sebelumnya, seru!

Katanya film ini benar-benar buat terharu? Iya. Film ini, terutama buat yang masa kecilnya ditemani kartun Doraemon, pasti terharu menontonnya. Bagaimana tidak, setelah sekian lama Doraemon selalu menemani Nobita, tiba-tiba saja ia harus pergi meninggalkan Nobita, tanpa banyak alasan. Siapa yang tidak sedih jika kita kehilangan sosok yang begitu berharga bagi kita?

Nah, tema cerita yang diambil cukup umum sih, seperti yang sudah dijelaskan di sinopsis, Doraemon diutus untuk membantu Nobita agar mendapat akhir hidup yang bahagia, yaitu merubah masa depan Nobita yang awalnya menikahi Jaiko si adik Giant dan hidup sengsara menjadi hidup bersama Shizuka dan hidup bahagia karena Shizuka adalah orang yang Nobita sukai sejak kecil. Tetai walaupun ceritanya sederhana begitu, ya karena ini Doraemon dengan kantung ajaibnya, ceritanya jadi seru, kocak, lucu, sekaligus mengharukan.

Kemudian grafisnya. Oh wow, grafis dari film ini adalah satu satu bagian penting yang mendukung kehebatan ceritanya.
Iya, Grafisnya super bagus, ini pertama kalinya saya menonton film dalam CG 3D begini. Awalnya sih memang agak kagok ya, engga biasa menonton dengan grafis seperti ini soalnya, tapi lama-lama terbiasa juga, malah terlihat memukau, keren, pokoknyaaaaaa aaaaaaa.. saya benar-benar harus memuji orang-orang yang bekerja keras dibalik layar ini. Disini Shizuka terlihat lebih kawaii, apalagi saat dia sudah dewasa.

Tiba-tiba serasa jadi pedofil*eh

Shizuka dan Nobita dimasa depan. Saat ini Doraemon dan Nobita darimasa lalu sedang
menjelajah ke masa depan Nobita.


Bukan cuma itu, wajah-wajah konyol yang ditampilkan secara 'agak lebay' disini juga menundang tawa
.




Well, sepertinya itulah dua hal yang paling menarik bagi bagi saya. Oh iya, musik dari film ini juga bagus, judul ost. nya kalo ga salah Himawari No Yakusoku oleh Motohiro Hata. Lagunya kereeen bangeettt, dan buat galau hiks :') . Kalau kalian mengerti artinya, artinya itu dalam banget, gak heran sih, orang Jepang kalo buat lagu artinya selalu wow.



Jadi kesimpulannya, film ini bagus dan bermakna banget. Persahabatan Doraemon dan Nobita mengajarkan banyak hal, bagaimana seharusnya kita berusaha untuk masa depan yang lebih baik, mengajarkan kita untuk saling memaafkan, atau bahkan yang lebih pentingnya adalah, makna bahwa perpisahan itu bukanlah akhir dari segalanya, sekalipun orang yang harus berpisah dengan kita itu orang yang sangat berharga.

Ah,.. saya pikir cukup sampai disini saya ulasan saya mengenai film ini, intinya sih, film ini recommended banget buat kalian, siapapun! Terutama para pecinta film doraemon yang kayaknya ga ada habisnya :v , dan kalian juga harus mendengarkan lagu Motohiro Hata itu (y)

Selamat menikmati buat yang akan menonton~

  • Share:

You Might Also Like

0 comments