Mengikuti Lomba (Cerpen) PORSENI FEB UNTAN

By Sheren - Friday, May 25, 2018

Ctt : Postingan ini udah ada sejak...hampir 2 minggu lalu, cuma baru minat untuk di posting :')

***
Berapa lama aku tidak ekhem muncul ekhem di blog ini?

Belum lama sih ahahaha.

Sebenarnyaaaaaaaaaaaa saya mau bilang ini :


ALHAMDULILLAH SAYA MERAIH JUARA 1 DI LOMBA PORSENI FEB UNTAN KATEGORI CERPEN :')

Emang sih, kalo kata orang, biasa ajalah. Cuma cerpen pun ahahaha. Tingkat fakultas lagi. 

Tapi gini, ada beberapa hal yang membuat saya benar-benar...syok? Terharu? Heran?





Pertama, ini adalah lomba cerpen pertama saya. Bahkan bisa dibilang lomba yang benar-benar lomba pertama. Saya dari SD ga pernah ikut lomba dalam bentuk apapun. Eh pernah sih lomba Akuntansi pas SMA, tapi ya itu aja, itupun sama tim, saya ga yakin saya berpengaruh banyak. Intinya ini benar-benar lomba paling pertama dan paling...entahlah wkwk.

Saya enggak pernah berminat ikut lomba. Kalo disuruh ikut biasanya saya kabur. Saya enggak terlalu suka berkompetisi seperti itu, soalnya buat deg-degkan? Lebih deg-degkan dibanding ketemu gebetan :') . 


Terus kalo saya enggak suka ikut lomba, kenapa saya bisa ikut lomba Porseni ini?


Ceritanya bermula dari kelahiran saya..


Ah oke jangan ngaco. Ini bermula dari saya ikut Kepanitiaan HUT Himasi lalu saya ikut rapat dan kebetulan saya duduk di depan dan di samping saya senior semua jadi saya terjebak..................................


Entah bagaimana, saya yang sudah seberusaha mungkin tidak mencolok, masih disadari kehadirannya. Saya disuruh ikut lomba. Tidak ada kata tidak. Kayaknya sih. Kayaknya ya. Iya kayaknya.

Saya panik. Wah gila, seumur-umur ga pernah ikut lomba. Pengen nolak sih, tapi saat itu jiwa kebaikan saya lagi berbunga-bunga jadi saya enggak tega. 

Oke lebay. Jiwa kebaikan saya lagi enggak berbunga-bunga kok. Tapi saya emang enggak enakan sama senior-senior saya yang baik banget ini. Akhirnya saya memilih lomba yang paling mudah, simple, ga makan waktu, dan terbiasa saya lakukan : Cerpen. 

Sip itu aja.



Saya sempat ingin enggak mengirim cerpen loh. Iya, niatnya terdiskualifikasi. Tapi makin kesini, ya makin ga tega WHAHAHAHAHA gue emang baik banget. Kayaknya ada perasaan berdosa kalo saya batal ikut lomba. 

Akhirnya saya memutuskan mengirim cerpen saya itu.

***

Jujur, menulis cerpen untuk lomba enggak semudah yang saya pikirkan. Pertama, saya sibuk sama hal lain. Jadi cerpen benar-benar terbengkalai. Dua, tema dari cerpen benar-benar membuat saya ngomel sepanjang waktu(Tema : Generasi Gemilang). Tiga....saya lagi ga mood nulis.

Saya baru benar-benar menyelesaikan cerpen saya sejam-an sebelum deadline. 

Awalnya, saya ingin membuat cerita fantasi dengan cerpen saya karena saya merasa 'bodoamat' dengan temanya, yang penting cerpen gue jadi.

Tapi Mama saya mengatakan ide cerpen saya itu ide paling enggak masuk akal untuk tema yang ada. Mama saya pun mulai menyebut ide-ide lain yang menurut beliau lebih masuk akal.

Lama berpikir, akhirnya saya memang menyerah dengan ide lamaku. Bukannya karena sadar bahwa itu ga masuk akal sih(emang gatau diri wkwkw), tetapi lebih karena saya tidak cukup waktu.

Saya harus membuat cerita yang lebih sederhana.

Akhirnya, dengan hampir sepenuh hati, saya pun mengetik ceritanya. Saya mulai membayangkan aliran sungai kapuas yang cokelat....teringat di suatu siang yang amat terik saya pernah singgah ke daerah tepian kapuas di mana jembatannya kecil dan mengerikan banget. Teringat anak-anak sekolah berlarian di sekitar sana.. teringat wajah ibu-ibu yang lewat.. nah, akhirnya lewat sedikit pengalaman dan banyak khayalan, saya menulis cerita saya. Oh iya, untuk membangun imajinasi, saya sempat menggambar suasana sungai dan sekitarnya yang ada di otak saya lengkap dengan warnanya wkwkwk. Kebiasaan.

Kok kesannya gue jadi niat banget ya buat itu cerpen.

wkwk.

Ini, latar tempat cerpen sayaa. Beda sih, tapi sama wkwk. Saya ke sini
beberapa hari sebelum saya terjebak dan disuruh ikut lomba wkwkwk.


Versi narsis wkwk. Keliatan gendut
banget dah :(


Hal yang paling susah? Mengisi tengah-tengah jalan cerita, itu sulit sekali. Lama saya hanya merenung di depan layar laptop, kayak pengembara yang kehilangan peta--tahu tujuan akhir, tapi gatau gimana cara mencapai tempatnya.

Lalu yang kedua, adalah penentuan judul. Berkali-kali saya menghapus dan mengetik ulang judul. Lalu (alhamdulillah) teringat Mama saya yang memulai semua ide ini, dan akhirnya saya pun dengan mantap mengetikkan judul, "Untuk Mamak" .

Ada banyak makna sih di balik judulnya. Pertama, sesuai dengan ceritanya, dannnn laluuu, cerita ini memang dipersembahkan untuk Mama saya tersayang (Tapi saya gabolehin mama saya baca ceritanya HAHAHAHA malu) .


TERIMAKASIH UNTUK :

- Allah SWT atas segalanya.

- Senior yang dulunya menyuruh saya ikut lomba. Kalo saya enggak dipaksa, saya pasti engga bakal bisa merasakan deg-degkannya naik panggung :v Seriously saya sangat berterimakasih untuk kalian. Akhirnya saya bisa menulis untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri.

- Mama saya yang membuat saya jadi memiliki ide untuk menulis cerita ini. Cerita yang sederhana, namun dengan makna yang bisa dimengerti oleh orang yang membacanya:-)

- Tere Liye. Why? Welll, sejak SMP, Tere Liye berpengaruh besar pada gaya penulisan saya. 

- Teman-teman saya yang jadi tempat saya mengomel

- Panitia<3


SEKIAANN.. :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments