Naskah Drama Film

By Sheren - Monday, November 03, 2014

Jadi gini, beberapa waktu lalu disekolah saya, SMA Negeri 1 Pontianak. Ada disuruh untuk membuat film dipelajaran Agama Islam.
Kelompok saya mendapat tugas untuk membuat film bertemakan tawakal, dan akhirnya saya serta teman-teman memutuskan untuk membuat film yang berjudul 'Lomba Lari' .
Disini saya akan membagikan teks-nya, siapa tahu bisa bermanfaat untuk kalian yang mendapat tugas sejenis ini :

LOMBA LARI

Tokoh  :

1. Nyatur  : Protagonis 
2. Farhan  : Protagonis
3. Farhan  : Antagonis
4. Rico      : Antagonis
5. Jeanny  : Pengurus OSIS
6. Anggi    : Juri
7. Sheren  : Peniup Peluit
8. Pinky    : Ibu 


Di rumah Nyatur, di kamar Ibunya (Ibunya lagi baring)
Nyatur    : Ibu.. ni obatnye di minum dulu..
Ibu          : (Minum obat) uhuk..uhuk..
Nyatur    : Nah, Nyatur pergi ke sekolah dulu ye bu.. Ibu istirahat aja biar cepat sembuh.. Nanti kalo kita           udah dapat rezeki, Nyatur bakal bawa ibu secepatnye ke sekolah..
Ibu           : Iya.. hati-hati dijalan ya sayang.. sekolah yang baik..
Nyatur     : (mengangguk) Assalamualaikum Bu.. (melambaikan tangan)
Ibu           : Wa alaikum salam.. uhuk uhuk..


Di kelas
Nyatur  : (dalam hati) hmm.. gimana ya cara dapetin uang buat pengobatan Ibu...

Tiba-tibaPengurus OSIS (Jeanny) masuk ke kelas, semua siswa duduk.

Jeanny  : Assalamualaikum Wr. Wb.
Kelas     : Waalaikum salam Wr.Wb!
Jeanny  : Teman-teman, saya dari pengurus OSIS ingin mengumumkan bahwa dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMANSA yang ke enam puluh satu, kita akan mengadakan berbagai macam lomba, diantaranya lomba masak, lomba makan, lomba minum, dan terakhir lomba lari!
Kelas     : Horeee..
Jeanny    : Lomba-lomba tersebut akan di adakan minggu depan, kalo ada dari teman-teman yang berminat,    silahkan isi mendaftar ke sekretariat OSIS. Ada pertanyaan?
Faris       : Mbak, ade hadiahnye ndak?
Jeanny    : Setiap hadiah ada lombanya.. dan puncaknya adalah lomba lari dengan juara satu mendapat             hadiah sebesar 1 juta rupiah!
Kelas     : (Ribut) Besarnya.. banyaknya.. sejuta! Blabla..
Jeanny  : Ada pertanyaan lagi?
Kelas     : Endaaaakk..
Jeanny  : Baiklah terimakasih, wassalamualaikum Wr.Wb
Kelas     : Waalaikum salam Wr. Wb

Nyatur : (dalam hati)  Satu juta?! Itu lebih dari cukup untuk pengobatan ibu.. aku harus ikut lomba itu! Itu satu-satunya cara supaya aku bisa bawa ibu ke dokter..
Faris       : (Kamera menyorot seluruh kelas) Satu juta woy! Pokoknye apapun yang terjadi aku harus ikut lomba itu dan dapet ntu satu juta!
Kelas     : (Ribut) iyelah..

Farhan mendatangi Nyatur..

Farhan  : Lumayan tuh satu juta, kamu mau ikut?
Nyatur  : Aku mau ikut. Soalnya Ibu aku sakit dan aku butuh uang itu untuk pengobatan mama aku.. Cuma, aku ga yakin bisa ngalahin  Faris, diakan kuat banget.
Farhan  : Ikut aja! Kamu harus optimis kamu bisa. Menang tidak menang bukan masalah, yang penting kamu sudah berusaha.
Nyatur  : Kamu benar, aku seharusnya endak boleh pesims. Makasih Farhan, sekarang aku yakin aku bisa ikut lomba itu.
Farhan  : Sama-sama. Aku juga bakal ikut lomba itu, kita bakal berjuang sama-sama!
Nyatur  : Oke.

Nyatur daftar lomba.
Nyatur sampai dirumah.

Nyatur  : Assalamualaikum Bu.,.
Ibu         : Wa alaikum salam.,. uhuk..uhuk.. Nyatur udah pulang?
Nyatur  : Iya Bu..  Oh ya bu, tadi di kelas ada pengumuman kalo minggu depan ada lomba, salah satunya lomba lari, hadiahnya banyak banget, satu juta, jadi nyatur memutuskan buat ikut lomba. Siapa tahu nyatur menang dan uangnya bisa untuk pengobatan ibu. Boleh ya bu?
Ibu         : (Tersenyum) uhuk.. boleh-boleh saja.. terimakasih ya Nyatur, kamu ini baik sekali.
.
Adegan Nyatur berusaha (Lari pagi, push up, olahraga, dll)

Nyatur Sholat.

Nyatur  : (Selesai sholat, berdoa) Ya Allah.. Ya Tuhanku Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.. Hamba sangat membutuhkan pertolonganmu.. Ibu hamba sakit dan hamba membutuhkan uang untuk pengobatannya, untuk itulah hamba mengikuti lomba lari supaya bisa memenangkan uang hadiah lomba.. Bantullah hamba Ya Allah, Sungguh engkau maha mendengar dan maha Mengetahui.. Amin Ya Robbal Alamin..

Di sekolah, Faris dan Rico lagi jalan-jalan..

Rico        : Woy, kau ndak latian ke Ris? Lombanye udah dekat nih.
Faris       : Buat ape latian? Kau endak liat ke aku berotot gini? Nih liat(Nunjukkin otot) Lari tuh gampanglah, keciiil..
Rico        : Iyelah.. payah gakkan..
Faris       : Tenang jak, aku pasti menang. Nanti aku jaminlah kau..
Rico        : Awas tadak ye.. Eh cobe liat tah, agik ngape si Nyatur tuh?

Nyatur lagi latihan, (lari, push up, dll)

Faris       : (Menuju Nyatur)  Woy Tur, ngapain kau?
Nyatur    : (Terkejut) Eh endak..
Rico        : Rajin benar kau lari-lari?
Faris        : Jangan-jangan kau ikut lomba lari gak ye?
Nyatur  : er....
Faris&Rico : HAHAHAHAHA.. anak kecil kok ikut lomba lari, HAHAHAHA (pergi menjauh)

Hari Lomba
Semua siap-siap, pemanasan.. Faris disebelah Nyatur

Faris       : Eh tur, kau masih niat ikut lomba? Keluar yak, nanti kalah nanges pula.. HAHA
Nyatur  : Liat jak nanti siape yang menang..
Faris       : Eh Co, berani nah anak kecil nantang kite..
Rico        : Iye ke? Sombong nye gak..

Tiba tiba diumumkan lomba akan segera dimulai. Peluit sudah siap di tiup (Oleh Sheren, atau Anggi)

Faris       : Aku yakin kau kalah...
Nyatur  : Kite liat nanti..
Sheren : Siap.. Satu..Dua.. (peluit di tiup)

Semua lari..

Ditengah perjalanan..

Faris       : (berhenti sebentar, mulai kelelahan, nyatur mendahului)Lajunye gak anak kecil tuh.. hh..h.., pokoknye die endak boleh menang.

Faris lagi lagi terus menyengkang kaki Nyatur

Nyatur  : Aduh... (jatuh)

Faris melanjutkan lari, Rico juga melewati Nyatur dan tertawa. Mereka tidak sadar ada juri yang melihat (Kamera menyorot Juri yang memperhatikan)

Farhan  : Kamu enggak apa? (Membantu Nyatur berdiri)
Nyatur  : Enggak apa, trims.. Yuk lari lagi.

Mereka lari lagi.. mulai dekat dengan garis finish, tiba-tiba kaki rico keram..

Rico        : Kakiku keram..kakiku keram..

Farhan nolongin Rico.
Tinggal Faris dan Nyatur. Faris duluan mencapai garis finish. Dibelakangnya ada nyatur, dibelakangnya lagi ada Rico dengan Farhan.

Faris       : Yee aku menang..
Juri         : Tunggu dulu! Faris bukanlah pemenangnya..
Faris       : Eh, ngape pula pak?
Juri         : (menceritakan kejadian yang dilihat oleh juri sebelumnya) Jadi pemenangnya adalaaaaaah.. NYATUR! (Mengangkat tangan nyatur)
Yang menonton                : HOREEEE!
Juri         : (Menghampiri Faris) Lain kali jangan curang ya.. kita harus sportif.
Farhan  : Kamu menang nyatur!
Nyatur  : Iya, bisa buat pengobatan Ibu! (Loncat-loncat, sujud syukur)

Dirumah Nyatur.

Nyatur  : Ibuuu.. aku menaaang..
Ibu         : Oh ya? Uhuk..uhuk.. selamat..
Nyatur: Iya, jadi sekarang kita bisa ke dokter dan ibu bisa sembuh..

Disekolah..

Nyatur lagi jalan menuju kelas.. tiba-tiba Faris dan Rico berlari ke arahnya
Faris&Rico           : Nyatur!! Nyaturr! (sampai ditempat nyatur)
Nyatur  : (was-was) ada apa?
Rico        : Selamat ye kau menang lomba..
Nyatur  : (mengangguk)
Faris       : Aku juga mau minta maaf karena nyelakain kau kemaren.. sori lah ye, khilaf dah aku
Rico        : Iye tur, aku pun minta maaf gak, kemaren udah ngetawain kau..
Nyatur  : Oh oke ga masalah, udah aku maafin
Faric&Rico           : Makasih yee..

Selesai.


  • Share:

You Might Also Like

1 comments