Novel Review - Totto-chan (Tetsuko Kuroyanagi)

By Sheren - Wednesday, September 10, 2014

Kalian mungkin udah pada tau novel ini? Atau juga belum? well, ini novel yang udaaah laaamaaa banget... tahun 80-an gitu kayaknya,.. Tapi, ini cerita paling wow wow wow banget deh..
Ini novel yang nulis orang Jepang, perempuan..
Udah keliatan dari judulnya ini bukan cerita kayak novel-novel remaja umumnya, yg cinta-cintaan gitu, hehe, lagian ini novel tahun 80-an..
Saya ngebaca novel ini lewat e-booknya, *maklum .. Udah beberapa bulan lalu sih nge-downloadnya, tapi baru sempat baca akhir-akhir ini. Gila, keren!
Novel ini sebenarnya 'KISAH NYATA' tentang seorang anak kecil (penulisnya sendiri) yang bernama Tetsuko, tapi dipanggil Totto-chan, nah, totto-chan ini dikenal sebagai anak yang luar biasa nakal, tapi sebenarnya  dia bersifat seperti itu karena keingintahuan dia yang besar.
Karena kenakalannya, dia dikeluarin dari sekolah, akhirnya Mama-nya masukin dia ke Tomoe Gakuen.  Itu sekolah paling unik, paling istimewa, paling hebat dll deh.. Totto-chan ngerasa begitu, saya juga ngerasa begitu. Tentu aja yang buat sekolah itu begitu istimewa adalah Kepala sekolahnya (lupa namanya, abisnya ribet namanya) , Kepala sekolah itu orang yang paling berperasaan yang pernah saya..temui(?) kepala sekolah itu bener-bener sayang sama anak-anak, mengerti gimana cara mendidik anak yang baik, tanpa paksaan, ngebiarin mereka tumbuh dengan alam...
Tomoe Gakuen ini, dibilang unik, istimewa, karena berbagai hal, misalnya kelas-kelasnya dibuat dari gerbong sekolah, murid-murid bebas mau mengambil urutan pelajaran sesuka mereka, bekal utk makan siang yg diharuskan 'makanan dari laut dan pegunungan' , dll.. apalagi disitu murid dengan kepala sekolah bisa sesuka hati berinteraksi, tanpa merasa takut atau apapun..
Banyak sekali pelajaran-pelajaran yang didapat Totto-chan selama dia bersekolah disana, kemandirian, tenggang rasa, pokoknya semua hal positif, mereka mendapat pelajaran-pelajaran seperti itu bukan melalui teori, tapi melalui praktek langsung. Bener-bener pengalaman yang gak bakal dilupakan.
Lagi-lagi, saya seneng banget sama kepala sekolahnya, entah kenapa, mungkin juga ini agak lebay, saya langsung sayang sama kepala sekolah ini pas pertama kali Totto-chan ketemu dia. Bayangkan aja, kepala sekolah itu sanggup ngedengerin ocehan seorang Totto-chan selama 4 jam! saya aja yg bercita-cita jadi guru mungkin udah kabur duluan, wkwk.. Bapak ini juga ngajarin utk gak membedakan satu sama lain, ngajarin buat jangan memandang lemah orang yang penuh kekurangan.. dan yang paling penting, dia gak pernah marah sama murid! Itu ciri guru yang paling saya favoritkan..
Kayaknya nih, kepala sekolah ini orang yang lumayan penting, kalo diliat dari keterangan-keterangan yg ditulis, tpi kalo dia berhadapan dgn anak-anak, bener-bener deh! gak bisa dijelasin, mesti dibaca.
Nah sayangnya, sekolah ini hancur oleh bom tahun 1945, waktu itu kepala sekolahnya gak putus asa, dia tetap bersemangat, tenang, memimpikan utk buat sekolah baru, sayangnya dia keburu meninggal sebelum cita-citanya terwujud.

Sampe detik ini, saya masih gak bisa percaya ini cerita nyata, tapi sayangnya ini cerita nyata..hm, saya saranin yg belum baca buku ini harus baca! Apalagi orangtua, guru-guru *eh , buku ini ngajarin gimana caranya mengerti sikap anak, biar gimana nakalnya atau anehnya tuh anak~ Saya salut sama penulisnya plus kepala sekolahnya *lagilagi...
Sorry gak bisa ngejelasin panjang lebar tentang Totto-chan nya, hehe.. kalian silahkan download aja kalo mau, sorry juga belum nyediain link-nya, tapi cari aja di google, bertebaran dimana-mana kok.
Oya, ini buku yang bener-bener bestseller waktu itu, dan lebih hebatnya lagi, buku ini akhirnya dijadikan bacaan wajib untuk pendidikan, resmi jadi materi pengajaran di jepang. (Gak tau apa sekarang masih diberlakukan kayak gitu, yang penting hebat banget :D )


Thanks!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments