Novel Review : The Heart Of Glass

By Sheren - Tuesday, January 12, 2016


Judul : Tales From The Five Kingdoms - The Heart Of Glass (Jantung Kaca)
Penulis : Vivian French
Penerbit : Penerbit Atria
Tebal : 254 halaman

Sinopsis :
Ini adalah kisah tentang petualangan Pangeran Marcus yang endingnya melibatkan banyak orang. Awalnya Pangeran Marcus, Gracie Gillypout, dan ditemani 2 kelelawar serta satu ekor kuda, berencana untuk 'menemukan' kurcaci di hutan. Tapi semua petualangan itu berantakan ketika Gracie menghilang ditelan pohon. Dan untuk menyelamatkan Gracie, Pangeran Marcus terpaksa mengorbankan seorang Putri dari kerajaannya... Belum lagi diterowongan bawah tanah tempat Gracie terjatuh, ia berada dalam bahaya besar, sebab ada sebuah ramalan yang berkaitan dengan dirinya dengan troll......

***

Sebelum mengulas, saya ingin bernostalgia sebentar....yah, saya terkejut melihat penerbit buku ini. Jadi teringat novel pertama yang saya beli (diluar KKPK) yaitu Petualangan Tom Sawyer. Dulu, setelah membaca Tom Sawyer, saya giat banget mencari buku-buku terbitan Atria lainnya, tapi hasilnya nihil. Dan ketika mendapat buku dengan penerbit yang lama setelah bertahun-tahun..ya..agak menyenangkan.
Jadi, kayaknya Atria ini novel khusus untuk nerbitin buku-buku semacam gini ya? Petualangan, anak-anak, dsj? Wah.

Kembali ke novelnya.. hm, novel ini menyenangkan. Saya suka. Menceritakan tentang petualangan anak-anak kerajaan yang penuh imajinasi--ada troll, goblin, kurcaci, dan binatang-binatang yang bisa bicara. Pokoknya dongeng banget. Meskipun sama-sama fantasi kayak novel Riordan (again), Prineas, Littlewood, Chainani, Tere Liye, dan penulis-penulis fantasi lainnya, tetap ada sensasi yang jauh berbeda saat membacanya. Saya seperti menemukan khayalan kanak-kanak saya yang sudah terkubur jauh--pergi kehutan, berbicara dengan hewan, menemukan petualangan terhebat, dan hal-hal seperti itulah.

Novel ini, menuliskan secara jujur bagaimana seorang anak kecil bertindak. Masih polos, berpikiran pendek, dan apa adanya. Meski kadang-kadang, menurut saya, ada hal-hal yang terlalu berlebihan untuk menggambarkan 'sikap seorang anak'. Ada juga sih yang terkadang anak-anak ini tiba-tiba jadi super dewasa... Seriusan deh, saya bingung berapa umur semua anak di dalam buku ini. Mereka diceritakan akan ada yang menikah, atau akan ada yang mengiringi pengantin, tapi kok...... sifat para anak ini kayaknya sama sekali enggak bakal mendukung berdirinya sebuah rumah tangga.

Nah, meskipun tokoh utamanya anak-anak, saya cukup kaget saat menemukan musuh mereka adalah troll yang super jahat, super kejam, dan super-super lainnya. Membacanya, jujur saja, membuat jantung saya was-was. Penulisnya hebat sekali dapat membawa suasana di dalam novel 'ringan' seperti ini tampak seperti nyata. Jalan ceritanya juga tak terduga, apalagi endingnya. Satu langkah saja, sudah akan berkaitan dengan sejuta masa depan lainnya. Saya salut banget sama penulisnya.

Ide ceritanya sederhana, 'penculikan', penyelamatan, dan dibalut dalam kisah cinta anak-anak. Tapi alurnya bagus sekali.

Btw, saya bener-bener jatuh cinta dengan buku ini gara-gara didalam bukunya ada ilustrasi yang banyak banget :3 . Yah, gambarnya simpel, tapi...pokoknya bagus banget >,< .

Well, dari kover sampe isi buku, bagus semua. Saya suka, bisa dibaca sebagai bacaan ringan ataupun selingan, dan sangat membantu buat memenuhi otak dengan imajinasi. Oh ya, saya kira penulisnya laki-laki, tapi pas liat di wiki~ rupanya penulisnya perempuan. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments