Hadapi MEA!

By Sheren - Friday, January 01, 2016

Yo, akhir 2015 lalu, MEA akhirnya resmi dimulai~
Meskipun kita masih kategori anak-anak (Masa kanak-kanak saya tinggal 7 hari lagi--" ) , kita sudah harus siap untuk menghadapi MEA pemirsa!

HIDUP ASEAN! HIDUP MEA!

Untuk mempersiapkan diri, ada hal penting yang harus kalian ketahui :

Pertama, kalian harus tahu kepanjangan dari MEA.
Tahu ga hayooo? Jadi MEA adalah kependekan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Kedua, kalian harus tahu apa itu MEA.
MEA ini semacam pasar tunggal yang nantinya memungkinkan suatu negara (dengan lebih bebas) menjual barang maupun jasanya ke negara lain di wilayah ASEAN. Jadi nanti di Indonesia bakal ada lebih banyak pekerja maupun barang asing yang kemungkinan sebelumnya enggak pernah kita liat.
Tujuan MEA? Untuk meningkatkan kesejahteraan :v
Lebih lanjut cari sendiri ya.

Ketiga, BELAJAR BAHASA INGGRIS
Ini penting, saya serius banget. Kalian enggak bisa menyepelekan bahasa yang sudah global ini. Inilah yang mungkin ditakutkan bagi orang-orang yang enggak terlalu fasih Bahasa Inggris. Kesempatan kerja bakal lebih luas sekaligus lebih sempit--tergantung kita sendiri. Belajarlah. Belajar Bahasa Inggris, kalo bisa juga bahasa di setiap negara ASEAN. Jangan takut salah. Dan jangan hanya mengandalkan Bahasa Inggris lewat sekolah saja.
Jadi, semoga kalian sejauh ini bahasa Inggrisnya sudah baik :) malu dong nanti, ketemu tukang parkir yang ternyata orang Singapura, atau Malaysia, dan ternyata bahasa Inggris mereka lebih baik. Masa kalah sama tukang parkir :v hakhakhak.
Saya becanda. Saya enggak yakin dalam MEA nanti ada tukang parkir dari luar, kayaknya MEA lebih mengkhususkan ke tenaga profesional. Tapi enggak tahu juga. Pokoknya kita harus BELAJAR BAHASA INGGRIS!

Ketiga, sekolah yang bener
Ilmu tentu saja penting. Jangan sekolah hanya untuk mencari nilai, (sebenernya setengah dari tujuan saya belajar dan sekolah adalah untuk mengejar nilai. Maafin saya)

Keempat, siapin modal
Persiapkanlah modal kalian, meskipun hanya mental dan pakaian yang melekat dibadan.

Kelima, dan lain-lain.
Yah, sebenarnya ada banyak sekali persiapan untuk MEA ini. Ketika saya menonton berita di TV, maupun baca berita di dunia maya, saya mendapati semuanya was-was akan MEA. Banyak sekali persiapan yang mereka sebutkan--sampe saya bingung. Hal-hal yang saya sebutkan diatas hanyalah hal-hal dasar untuk anak sekolahan wkwk. Banyak persiapan yang saya sendiri juga ga tahu. Ada juga persiapan standart lain kayak -> paspor :v .

Jadi, Mari hadapi MEA bersama-sama! Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!

  • Share:

You Might Also Like

3 comments